Tips'y mengurang suara kasar pada mesin scorpio
prosedur seperti biasa checking ringan sekalian service rutin berkala, bongkar Carburator & cleaning box air filter
bersihkan endapan yang ada di mangkuk floatoing karburator, jika banyak endapan di mangkuk tersebut bisa ikut terhisap oleh spuyer (pilot jet – main jet) yang selain bisa mengikis juga bisa membuat salurat lubang2 nya tersumbat,
oke sekalian cleaning pakai carb cleaner sampai bersih di bagian2 yang menyempit untuk karbu standart scorpio kalau dirasa tidak ada masalah mending membran vakum tidak usah dibuka , cukup bersihkan saluran2 nya.
sekalian bersihkan debu2 yang membandel pada busa air filter, bersihkan box filter yang biasanya ada sedikit cipratan & uap oli yang keluar dari oil breather engine.
lanjut check busi sekalian bersihkan jika masih bagus , posisikan TMA (titik mati atas piston) dengan memutar nut crank shaft dengan kunci shock & ratched handle dari block sebelah kiri / block magnet, posisi top bisa dilihat dari lubang intip pada rotor magnet
setelah posisi piston TMA tercapai (bisa juga di cek via lubang busi, piston sudah mendekati lubang dan berhenti stagnan di atas) kemudian buka cover penyetel klep dengan kunci pembuka cover *kunci no 24 ,
next persiapkan feeling yang good mood untuk melakukan setting valve
sediakan kunci no 10, obeng (-) pendek & fuller gauge untuk melakukan setting valve , nah karena rekan WD ini minta agar di setel rapat yo wis tak setting di celah 0,09mm untuk valve in & 0,1 mm untuk valve out *clearence feeling sesuaikan selera setel kendor apa setel span tentunya masih di range aturan penyetelan
nah kasus pada si kalajengking yang dikeluhkan bersuara kasar ini ternyata saat di tap oli mesinnya hitam kental bercampur gram gitu dech.
Coba produk XADO, teknologinya bisa membantu meningkatkan performa mesin dan memudahkan perawatan.
BalasHapus